Senin, 05 Desember 2016

Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

AbdRosyid.com | Seblumnya sudah saya share apa saja persiapan yang dilakukan panitia Plat-M untuk mensukseskan acara ini "Persiapan Panitia Menduniakan Madura dan Menapaki Jejak BPWS". "Oke lanjut". Setelah pembukaan di kantor BPWS, seluruh Blogger langsung digiring menuju Kawasan Kaki Jembatan Sisi Madura (KKJSM). Di sana seluruh blogger diajak untuk melihat tempat yang akan dijadikan destinasi wisata baru dan kawasan rest area, tempat ini nantinya akan digunakan untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Madura atau sebaliknya.
Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Setelah mengunjungi KKJSM, seluruh Blogger melanjutkan ke Kawasan Khusus Madura (KKM) yang berada di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Oh iya, di tempat ini nantinya akan dijadikan sebagai kawasan industri dan perdagangan Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Modung berbasis internasional, dan saat ini proyek tersebut masih dalam tahap pengerjaan oleh BPWS. "Kebayang kan gimana nantinya kalau Pulau Madura mempunyai pelabuhan internasional? pastinya keren lah".
Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Dengan kawalan langsung dari Polres Bangkalan seluruh rombongan menuju Desa Batioh, salah satu destinasi wisata alam yang sangat indah, karena selain hamparan pasirnya yang menghiasai bibir pantai, Desa Batioh juga memiliki Hutan Kera. Di sini keranya banyak dan beragam, dan kera-kera tersebut tidak akan keluar semua kecuali di panggil dengan kata-kata khusus. "Kera aja punya panggilan khusus akunya kapan? hahay".

Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Hamparan pantainya yang indah ditambah pasirnya yang luas, paling tepat kalau dinikmati saat sunset ataupun sunrise. Maka dari itu, tempat ini dipilih panitia menjadi homestay untuk melepaskan lelah hari pertama. Malam harinya dilanjutkan sarasehan dengan Kepala Desa Batioh dan masyarakat setempat, untuk sekedar sharing dan berbagi pengalaman. Dan pagi harinya seluruh peserta diajak berolahraga dan ngegame bareng sambil menikmati sunrise Pantai Nepa. "Pokoknya seru abis dah".

A photo posted by Indah Juli (@indahjuli) on

--***--

Setelah sarapan pagi hari kedua, seluruh rombongan dikawal langsung oleh Polres Sampang menuju Air Terjun Toroan, lokasinya tidak jauh dari homestay, sekitar 30 menit perjalanan kita sudah sampai di Air Terjun Toroan. Pemandangan yang alami nan indah, aliran airnya berhadapan langsung dengan bibir pantai, menjadikan air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya, makanya tidak heran kalau seluruh peserta selfie-selfie di tempat ini, cek saja di instagram dan twitter dengan hastag #MenduniakanMadura dan #JejakBPWS.
Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Setelah puas menikmati Air Terjun Toroan, seluruh rombongan bergerak menuju Instalasi Pelabuhan Perikanan ( IPP ) Pasongsongan, di tengah perjalan kita seru-seruan sambil bernyanyi biar tidak boring gitu. Baca : Di Sela-sela Perjalanan Untuk Menduniakan Madura. Sekitar 90 menit perjalanan, rombongan sudah tiba di Pelabuhan Pasongsongan, Pelabuhan ini merupakan yang terbesar di Pulau Madura, karena dikelola langsung oleh Provinsi Jawa Timur.

A photo posted by Blogger Madura (Plat-M) (@bloggermadura) on

Tidak begitu lama berada di Pelabuhan Pasongsongan, rombongan yang di kawal langsung oleh Polres Sumenep menuju Pelabuhan Dungkek, untuk menyebrang menuju Giliyang, pulau yang memiliki kadar oksigen tertinggi nomor dua di dunia. "Wih ini benneran loh, cuma ada di Madura."

Sekitar 45 menit mengarungi laut dari Pelabuhan Dungkek menuju Giliyang, sesampainya di Giliyang rombongan dijemput dengan kendaraan roda tiga, masyarakat Giliyang menyebutnya "Dorkas", Satu-satunya kendaraan yang digunakan untuk mengangkut orang. "Di Giliyang gak ada mobil guys, tapi naik dorkas asyik banget loh."

Dari pelabuhan Giliyang kita naik dorkas menuju homestay, disana kita melepaskan lelah sebentar sekaligus ishoma, dan sore harinya rombongan langsung menuju Goa Mahakarya yang terletak di ujung utara Giliyang. Di tempat ini, rombongan diajak untuk mengitari lorong-lorong goa yang masih alami, dan belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan jail manusia. Istimewanya lagi, saat mengitari goa ini, semakin ke dalam  terasa semakin sejuk, tidak terasa pengap sama sekali, hawanya hampir sama seperti di luar goa. "Kalau gak percaya silahkan berkunjung ke Giliyang".
Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Hari beranjak petang, seluruh rombongan blogger kembali lagi ke homestay untuk beristirahat dan melepaskan lelah hari kedua.

--***--

Di pagi hari ketiga, rombongan Blogger Indonesia diajak untuk melihat Fosil Ikan Paus dan keunikan Pantai Ropet, keduanya berada di ujung timur Giliyang, sambil lalu menikmati sunrisenya Giliyang rombongan disajikan sarapan pagi di Pantai Ropet.
Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Sehabis dari Pantai Ropet rombongan Blogger Indonesia kembali ke homestay dan siap-siap menyebrang kembali ke Pelabuhan Dungkek untuk nantinya melanjutkan perjalanan menuju Bandara Trunojoyo. "Ini satu-satunya bandara yang berada di Pulau Madura loh guys." Tidak begitu lama di bandara, rombongan menuju Desa Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep, di sini rombongan diajak untuk melihat aktifitas petani rumput laut yang belum, sedang dan sudah di proses.
Rumput laut yang berada di Desa Tanjung ini sudah banyak diolah menjadi bahan makan, salah satu contohnya yaitu agar-agar rumput laut, kemarin kita semua berkesempatan mencicipi agar-agar ini, warnanya yang merah cerah membuat kita penasaran dan tertarik mencicipinya, dan rasa kenyalnya juga sangat khas sekali, berbeda dengan agar-agar di pasaran, ditambah lagi dengan rasanya yang manis, membuat agar-agar ini sangat layak disajikan buat tamu istimewa. "Pokoknya seger dan wenak dah."
Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS
Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Dari Kabupaten Sumenep kita melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pamekasan. Di Kabupaten Pamekasan, Blogger Indonesia diajak untuk melihat kerajinan batik tulis yang ada di Desa Klampar Kecamtan Proppo, di sini kita disambut hangat sekaligus dijamu dengan makanan khas Madura, dan kita juga dipersilahkan untuk melakukan ishoma.

Dengan kawalan langsung dari Polres Pamekasan, Sampang dan Bangkalan secara estafet. Perjalanan berlanjut menuju Desa Ketetang Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, sekaligus menjadi homestay hari ke tiga. Di perjalanan kita mengintip sebentar bentangan Jembatan suramadu dari ujung Madura.

Sesampainya di Kecamatan Kwanyar rombongan disambut oleh Tarian Nyello' Aeng, salah satu tarian asli Pulau Madura untuk penyambutan tamu, sembil melihat bocah-bocah imut berlenggak-lenggok bak penari profesional, kita disuguhi salah satu makanan khas Desa Ketetang, masyarakat setempat menyebutnya Kotel. Ya Kotel, makanan ini terbuat dari olahan udang dengan ditambahi bumbu petis dari ikan cakalan membuat rasanya khas banget dah.

Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Selesai acara penyambutan, Blogger Indonesia menuju homestay di Dusun Koalas lokasinya tidak begitu jauh, sekitar 30 menit dari balai Kecamatan Kwanyar, di sana kita disambut meriah oleh penduduk setempat sekaligus disuguhi kerupuk udang. Kerupuk Udang ini tidak di goreng loh, tapi di "sanggar" dicampur dengan pasir laut, kerupuk ini recomended banget buat teman-teman yang tidak suka minyak.

--***--

Setelah bermalam di Dusun Koalas, di pagi hari ke empat rombongan Blogger Indonesia bergerak menuju Tresna Art, salah satu tempat souvenir khas Madura. Selain itu, Tresna Art juga di desain se-natural mungkin, di dalamnya terdapat bentuk-bentuk kerajinan khas Madura, seperti batik, lenchak yang masih tradisional, dan bangunan yang lainnya.
Setelah dari Tresna Art rombongan langsung menuju Ole Olang Resto untuk makan siang sekaligus penutupan, kesempatan ini dihadiri langsung oleh Owner Ole Olang Resto, dan acaranya ditutup langsung oleh Mas Nur Wahyu Alamsyah selaku Owner Plat-M. Sebelum ucapan terima kasih, tidak lupa Plat-M memberikan sedikit hadiah untuk Blogger Indonesia, yang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu blogger terjauh, blogger terdiam, blogger teraktif, dan lain-lain. "Lupa dah kategorinya apa saja hehe..."
Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Setelah empat hari tiga malam Blogger Indonesia berada dan mengexplore Pulau Madura, akhirnya sampailah di penghujung acara yaitu mengantarkan Blogger Indonesia ketempat penjemputan, yang dengan senang hati panitia mengantarkanya.

Kita semua sudah melihat dengan mata telanjang, banyak tempat-tempat yang sudah dibangun dan dikembangkan oleh BPWS sepanjang Pulau Madura, seperti PJU di Bandara Trunojoya dan sekitar jalan menuju UTM, jalan setapak di hutan kera, TPI Pasongsongan, pembangunan jalan paving sepanjang jalan dan air bersih/MCK serta fasilitas pembangunan homestay di Giliyang. Dan yang terbesar yaitu jembatan yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura atau yang biasa di sebut Jembatan Suramadu.

Selain itu, kedepannya masih banyak proyek yang akan dibangun oleh BPWS. Seperti di kawasan KKJSM akan dijadikan kawasan industri, perdagangan dan jasa, permukiman, wisata dan rest area. selain KKJSM juga ada KKM. Di Kawasan Khusus Madura (KKM), tempat ini dirancang sebagai kawasan industri dan pergudangan pendukung pengembangan pelabuhan peti kemas berbasis internasional. Oleh karena itu, dengan bantuan Blogger Indonesia, diharapkan bisa membuat Pulau Madura lebih dikenal dan dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Abdrosyid.com | Kegiatan Menduniakan Madura Dan Menapaki Jejak BPWS

Dari perjalanan beberapa hari ini banyak keseruan-keseruan yang tercipta, baik di perjalanan maupun di penginapan, sehingga bisa menambah pengalaman dan wawasan tentang Madura. yang dahulunya Pulau Madura dikenal sangar, tapi empat hari tiga malam Blogger Indonesia sudah membuktikan sendiri keadaan di sepanjang Pulau Madura, dan terbukti aman dan tentram, selain itu juga masyarakatnya ramah-ramah dan sangat welcome.

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya ulas dari perjalanan ini, serta banyak keseruan-keseruan lainnya yang terjadi sepanjang perjalanan ini, tapi tidak sekarang insya Allah akan saya ditulis di tahun postingan selanjutnya. "Oh iya makasih ya buat yang sudah berkenan hadir, semoga kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan, kalian seru dan kocak abis, thanks and see you guys".
To be continue...
Diskon Video





27 comments

perjalanan 4 hari 3 malam yang sungguh berkesan di Madura. sudah kangen seseorang. kwkwwkwk

madura ujung sumenep punya banyak pulau kecil yang menawan memang. selain giliyang juga ada gili labak yang tak kalah terkenal

Wah keren ya ulasannya...�� sayang gak ada pemilihan panitia paling buaguuuusss suaranya ya..��

yeay. fotoku masuk satu.
haha. bener kata mba dian. sayang g ada pemilihan panitia dgn suara nyanyi terbaik

mungkin di lain kesempatan kita explore gili-gili yang lainnya.

Mbak dian gak boleh ngeledek anak kecil dong, kasihan.

kalau ada ya pasti aku pemenangnya, hehehe...

Senang sekali bisa ikut bagian #MenduniakanMadura :) Senang juga bisa menambah teman baru. ^^

Kenapa di pantai ngak ada parade bikini ??? eh di madura boleh ngak sech pamer aurat kalo di pantai ???

Seruuu...seruuuu banget ya acara kapan hari itu Cid. Paling seru memang Ocid ya, kehadirannya benar2 mengguncang gendang telinga, eh...dunia maksudnya hehehee

ternyata pantai madura cakep banget ya

Termasuk kenal sama aku kan ya mbak???

Boleh kok bang, asal minta izin dulu sama malaikat.

Duh mbak uniek, masih saja kepikiran aku pas nyanyi. Memang dahsyat ya suaraku hihihi...

Ya donk mbak, gak hanya pantainya, orangnya pun cakep-cakep, kayak aku.

semoga kawasan madura bener-bener mendunia setelah mengundang para blogger ini

Ini salah satu panitia yg paling Narsis. Hehehehr

Maz echo jangan buka-buka rahasia dong.

Lengkap banget tulisannya.
Biar ngga ikutan traveling, tapi bisa ngebayangin apa saja kegiatan selama 4 hari di event kemaren.

Mantapp.!

Yoi, tapi masih bwanyak keseruan lainnya yang belum tertuliskan.

kamu gak ikutan sih, kan makin rame kalau ada kamu.

yeah. fotoku masuk. wkwkw.
Wah. vlognya banyak jg yaa. download satu2 dulu

hehee... pengennya tak masukin semua, tapi takut kena razia. OKE silahkan.

Mon deiyeh tang kancah, keng sayang ngkok pas tak eajak heheh

Berkomentarlah dengan baik, buktikan kalau kamu orang yang bisa berbicara dengan baik.
EmoticonEmoticon